Assalamualikum Wr.Wb.

Biasanya, jika seseorang baru pertama kali mempelajari suatu bahasa, akan diberikan aplikasi pertama kali sebagai perkenalan sekaligus aplikasi paling sederhana. Yang berfungsi untuk menampilkan pesan “Halo Dunia” pada pemrogram. Berikut ini adalah langkah awal untuk membuat aplikasi “Halo Dunia”:

  1. Buka aplikasi Microsoft Visual Basic 2005 (Bisa yang versi Professional / Express)
  2. Setelah selesai dibuka, silakan pilih menu File -> New Project. Lalu tampil jendela New Project, kemudian pilih akar Visual Basic -> Windows. Dalam kotak Templates pilih icon Windows Application. Ketikkan nama “Helo” pada kotak isian Name. Tekan tombol OK. Lihat gambar di bawah ini:
  3. Setelah anda menekan tombol OK, maka anda akan melihat sebuah tampilan form pada layar Design di IDE VB2005. Nah, inilah media di mana anda meletakkan komponen visual yang akan anda gunakan pada aplikasi anda nanti. Lihat tampilan berikut:
  4. Klik sembarang pada Form1, kemudian pada jendela Properties, ubah atribut Text menjadi “Aplikasi Hello World“.
  5. Setelah itu anda akan melihat perubahan pada Tittle Bar Form1 menjadi “Aplikasi Hello World“. Hal ini berarti anda sukses mengubah judul pada Form1.
  6. Beralih pada jendela Toolbox, lebarkan tanda plus ( + ) pada sub Common Controls. Kliklah icon Button, sampai tersorot tulisan dan icon Button.
  7. Kemudian letakkan komponen Button1 pada Form1 dengan cara mengklik pada media kosong di Form1. Maka anda akan melihat pada Form1 sebuah tombol Button1 pada posisi di mana anda mengklik form tersebut.
  8. Sorotlah Button1, kemudian pada kotak Properties, ubah atribut Text menjadi “Klik”. Lihat gambar ini:
  9. Klik ganda pada Button1, kemudian akan tampil jendela editorkode program Form1.vb, ketikkan pada bagian di mana kursor berada program berikut ini:
    MsgBox("Hello World", MsgBoxStyle.Information, "Tutorial")
  10. Perhatikan kode program selengkapnya berikut ini, kode program yang anda ketik berwarna biru. Selebihnya hasil dari VB2005 secara otomatis.
    Public Class Form1
      Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object,
        ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        MsgBox("Hello World", MsgBoxStyle.Information, "Tutorial")
      End Sub
    End Class
  11. OK, sampai di sini program anda sudah selesai. Sekarang kita akan menjalankan program ini. Caranya tekan tombol F5 pada keyboard atau pilih menu Debug -> Start Debugging.
  12. Dan, anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Untuk melihat hasilnya, tekan tombol OK, maka anda akan melihat sebuah pesan Hello World.
  13. Selamat. Ini adalah program pertama anda.

Semoga informasi ini berguna buat rekan rekan sekalian………….🙂