3d people in a round table having a meeting.

Definisi komunikasi organisasi

Sangat penting untuk mebedakan antara komunikasi kelompok kecil dengan komunikasi organisasi. Komunikasi organisasi (organizational communication) mencangkup komunikasi yang terjadi didalam dan diantara lingkungan yang besar dan luas, jenis komunikasi ini sangat bervariasi karena komunikasi dalam organisasi juga meliputi komunikasi interpersonal (percakapan antara atasan dan bawahan), kesempatan berbicara di depan publik (presentasi yang dilakukan oleh para eksekutif dalam perusahaan), kelompok kecil (kelompok kerja yang mempersiapkan laporan), dan komunikasi dengan menggunakan media (memo internal, e-mail, dan konferensi jarak jauh). Oleh karenanya, organisasi terdiri atas kelompok yang diarahkan oleh tujuan akhir yang sama. [a]

 

Jenis proses organisasi

Proses bisnis yang sering ditemui antara lain proses mendapatkan pelanggan serta pemahaman terhadap pasar, perencanaan strategis, penelitian dan pengembangan (research and development), pembelian, pengembangan jenis barang dan jasa yang baru, produksi dan perakitan, pengatur informasi, pengukuran kinerja perusahaan serta pelatihan karyawan. Pemahaman yag baik terhadap proses yang berlangsung amat penting dalam rangka penetapan six sigma. Karena umumnya fokus proyek six sigma adalah pada perbaikan proses.

Umumnya, kita dapat membagi proses dalam sebuah organisasi menjadi 2 jenis:

  1. Proses penciptaan nilai (value-creation processes) yang bisa disebut proses inti, yauitu proses yang paling penting dalam upaya menjalankan bisnis serta menjaga atau mencapai keunggulan kompetitif yang berkesinambungan.
  2. Proses pendukung (support processes), yaitu proses yang menunjang kerja proses penciptaan nilai suatu organisasi, karyawan, dan operasi hariannya.

Proses penciptaan nilai merupakan motor penggerak utama pengembangan produk dan jasa, amat penting bagi kepuasan pelanggan, dan memberikan dampak penting pada tujuan strategis perusahaan. [b]

 

Sumber

a. Richard west, pengantar teori komunikasi analisis dan aplikasi (salemba humanika, 2008) hal.38

b. Thomson, Six sigma & process improvement (salemba empat, 2007) Bab 2 hal.34