JobSearch_000007317643XSmall

Definisi

Pengambilan Keputusan (Decision Making, Besluitneming) merupakan suatu proses dan berlangsung dalam suatu system, walaupun merupakan suatu keputusan atau desisi pribadi sekali pun yang menyangkut suatu masalah pribadi pula.

Hal tersebut perlu kita sadari agar supaya kita dapat berhasil di dalam daya upaya mengembangkan kemampuan kita untuk mengambil desisi mengenai problema – problema yang menghendaki suatu keputusan dari kita. Makin mampu kita mengenali masalah – masalah yang selalu akan kita jumpai di dalam perjalanan menuju ke kemajuan dalam hidup, makin mampu kita mengatasi atau memecahkan masalah – maslah tersebut, maka akan besar serta cepatlah sukses yang akan dicapai.

System di mana proses pengambilan desisi itu berlangsung terdiri atas berbagai unsur (elements) atau bagian, dan masing – masing merupakan suatu factor yang ikut menentukan segala apa yang terjadi atau akan terjadi.

Unsur yang utama dan mungkin yang terpenting didalam proses pengambilan keputusan adalah MASALAH atau PROBLEMA yang harus dihadapi dan menghendaki adanya desisi dari kita. [a]

 

Jenis pengambilan keputusan

Hampir semua pembahasan proses pengambilan keputusan dalam organisasi  selalu memerincinya menjadi serangkain langkah yang berurutan , pada hakikatnya pengambilan keputusan terdiri  3 langkah utama , yaitu :

  1. Kegiatan intelijen . dibawa dari pengertian intelejen yang dinamakan militer , langkah awal ini menyangkut pencarian berbagai kondisi lingkungan yang diperlukan bagi keputusan.
  2. Kegiatan desain , dalam tahap kedua ini , pembuatan ,pengembangan dan penganalisaan berbagai rangkaian kegiatan yang mungkin dilakukan .
  3. Kegiatan pemilihan . tahap ketiga dan terakhir adalah pemilihan serangkaian kegiatan tertentu dari alternatif-alternaif yang tersedia

Jenis Keputusan dalam sebuah organisasi dapat digolongkan berdasarkan banyaknya waktu yang diperlukan untuk mengambil keputusan tersebut. Bagian mana organisasi harus  dilibatkan dalam mengambil keputusan, dan pada bagian organisasi mana keputusan tersebut difokuskan. [b]

 

Faktor pengambilan keputusan

Faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan, yaitu:

  1. informasi yang diketahui perihal permasalahan yang dihadapi,
  2. tingkat pendidikan,
  3. personality,
  4. coping, dalam hal ini dapat berupa pengalaman hidup yang terkait dengan permasalahan (proses adaptasi),
  5. culture. [c]

 

Sumber

a. S. Prajudi Atmosudirjo, Beberapa Pandangan Umum Tentang Pengambilan Keputusan (Gahlia Indonesia, 1982) hal. 14

b. DR. T. HANI HANDOKO, M.B.A,  ORGANISASI PERUSAHAAN TEORI , STRUKTUR DAN PERILAKU (1987) 

c.  DR. T. HANI HANDOKO, M.B.A,  ORGANISASI PERUSAHAAN TEORI , STRUKTUR DAN PERILAKU (1987)