Tanggal 19 November lalu, HTC telah memperkenalkan anggota baru keluarga HTC One di Indonesia. Salah satunya adalah HTC One Dual SIM+. Dilihat dari bentuknya, ponsel ini tak memiliki perbedaan yang mencolok dengan seri sebelumnya, HTC One yang sudah diperkenalkan lebih dulu oleh pabrikan asal Taiwan itu sejak awal tahun 2013.
Namun, jika Anda membedahnya langsung, HTC One Dual SIM+ telah dilengkapi dengan dua slot kartu SIM (Dual On Active CDMA + GSM/GSM + GSM) dan juga keberadaan slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 64GB.
Perbedaan lainnya yang disematkan HTC ke dalam ponsel ini adalah penutup (case) bagian belakang yang bisa Anda buka. Jika penutup tersebut Anda buka, Anda bisa menemukan dua slot Sim Card dan sebuah microSD yang terpasang kokoh. Berbalut pelidung berbahan alumunium di bagian belakangnya, HTC One dual SIM+ ini terlihat lebih elegan.
Sayangya, HTC tidak menandai dengan jelas posisi slot Sim Card pertama dan kedua. Selain itu, apa saja fitur lainnya yang ada di dalam perangkat seharga Rp7.699.000 ini? Simak ulasan berikut ini.
Desain
HTC One Dual SIM+ memiliki dimensi yang tak jauh berbeda dengan HTC One, yaitu 137,81 x 68,28 x 10,41mm dan beratnya 143gram. Walaupun memiliki penutup bagian belakang yang bisa dibuka, ponsel ini tetap menggunakan baterai non-removable.  Layarnyanya memiliki bentang 4,68 inci dengan resolusi 1.080 x 1.920 ditambah dukungan realtime color engine agar tampilannya lebih jernih.
Dengan resolusi tersebut, kepadatan piksel yang dihasilkan adalah 471 pixel per inchh (ppi). Dilengkapi dengan layar IPS, HTC One Dual SIM+ memiliki sudut penglihatan hingga 80 derajat. Artinya, jika Anda melihatnya bergeser ke atas atau ke bawah dan juga dari samping kiri atau kanan dalam retang tersebut, kualitas serta kecerahan gambar masih terlihat optimal.
Pada bagian depan, HTC telah menempatkan dua speaker stereo yang berada di atas dan bawah. Anda juga akan menemukan kamera depan yang memiliki ukuran 2,1 MP dengan dukungan wide lens 1080p HD recording dan F2.0. Ada pula sensor cahaya dan proximity. Selain itu, ada juga logo HTC ditempatkan sejajar dengan tombol Back dan Home.
Sedangkan pada bagian atas, Anda akan menemukan tombol Power dan port jack audio 3,5mm. Pada bagian bawah, HTC telah menempatkan port microUSB yang dapat Anda gunakan sebagai charger sekaligus untuk transfer data ke PC atau notebook dan ada pula lubang kecil yang berfungsi sebagai microphone.
Di sisi kiri dan kanan, Anda akan menemukan tombol pengait berwarna putih yang berfungsi untuk membuka penutup bagian belakang serta tombol Volume dengan desain sederhana berwarna silver. Menyusuri bagian belakangnya, HTC telah menempatkan sebuah kamera utama yang memiliki resolusi 4 UltraPixel yang ditunjang dengan sebuah lampu LED flash.
Selain itu, ada pula logo HTC berwarna silver dan logo beatsaudio. Adanya logo beatsaudio dismartphone ini membuktikan bahwa HTC One Dual SIM+ masih mengadopsi teknologi Beats Audio seperti yang HTC sematkan ke dalam beberapa produk unggulannya, termasuk HTC One.

Sumber : Chip

Analisis

HTC One Dual SIM+ merupakan sebuah inovasi menarik HTC untuk memperluas pengguna HTC One versi sebelumnya. Ini juga sebagai jawaban HTC untuk memenuhi permintaan pasar yang menginginkan penggunaan dua Sim Card sekaligus dalam satu perangkat kelas premium.
Fitur slot microSD untuk menambah daya tampung HTC One Dual SIM+ hingga 64GB juga merupakan keputusan tepat. Satu kekurangan minor perangkat ini adalah penggunaan bahan aluminium di bagian belakang, sehingga akan terasa licin ketika dipegang. Selain itu, panas yang ditimbulkan juga sangat terasa saat menjalankan aplikasi atau game berat, seperti Lenovo K900.
Dari sisi multimedia, suara yang dihasilkan dua speaker HTC One Dual SIM sangat maksimal berkat dukungan HTC BoomSound dan Beats Audio. Tampilan layarnya juga menjadi salah satu yang terbaik dengan kerapatan piksel jauh di atas rata-rata.