Produk headset gaming seri G dari Logitech selain G230 adalah G430. Hadir de­ngan dominasi warna hitam dan biru, G430 terlihat mirip dengan G230. Satu hal yang membedakan hanyalah pemilihan warna ear-pad, busa di headband, dan kabel. Dengan desain yang tidak berbeda, G430 terasa mirip dengan G230.
Kenyamanan yang diberikan tergolong baik. Desain circumaural-nya membuat daun telinga tidak tertekan. Tentunya hal ini membuat Anda dapat bermain game dalam waktu yang lama de­ngan nyaman. Ear-pad berwarna biru yang digunakan juga dapat dicopot seperti G230. Dengan begitu, kebersihan ear-pad G430 ini dapat selalu terjaga.
Untuk menguji kualitas suara yang dihasilkannya, CHIP mencobanya dengan game Team Fortress 2 dan film Pacific Rim. Dengan Logitech Gaming Software, Anda dapat menghidupkan feature virtual surround 7.1 yang dimiliki headset ini. CHIP merasakan perbedaan nuansa yang signifikan ketika mengaktifkan feature ini. Di game Team Fortress 2, suara-suara yang dihasilkan dari game tersebut terasa begitu dekat dengan posisi pemain. Selain itu, tata suara film Pacific Rim terdengar begituwah.
Dengan USB adapter ini, G430 mampu menampilkan suara virtual 7.1 dan posisi sumber suara dengan baik.
Untuk mengetahui bagaimana sua­ranya, coba Anda bayangkan duduk di bagian tengah bioskop. Kira-kira, seperti itulah suara yang CHIP dapat ketika meng­aktifkan feature surround tersebut. Dalam pengujian musik, karakternya tergolong open dengan karakter bas yang sedikit mendominasi. Kadar bas yang dimiliki tidak terlampau berlebihan, namun cukup untuk menggetarkan kepala ketika digunakan pada volume tinggi.
Dari segi vokal, headset ini mampu menyajikan vokal dengan cukup baik, namun separasi yang dihasilkan terasa sedikit kurang optimal. Treble yang dimiliki tergolong cukup dan tidak menyakiti teli­nga. Hal ini tentu menjadi sebuah nilai tambah tersendiri untuk gamer yang se-nang mendengarkan musik. Dari karakteristik di atas, CHIP menyimpulkan G430 hanya memiliki perbedaan dengan G230 di USB adapter saja.
DATA TEKNIS
FREQUENCY RESPONSE: 20 – 20.000 Hz
IMPEDANCE: 32
PANJANG KABEL: 240 cm
SENSITIVITAS: 90 dB
BOBOT: 295 gram

Sumber : Chip

Analisis

Feature surround yang dimiliki G430, membuatnya terlihat berbeda kelas dengan adiknya, G230

Kelebihan:
– Ear-pad dapat dilepas dan dicuci
– Nyaman digunakan untuk waktu yang lama

Kekurangan:
– Headband kurang kencang sehingga terasa longgar