Smartfren, salah satu operator telekomunikasi di Indonesia, terbilang sukses memasarkan ponsel pintar seri Andromax. Menurut laporan IDC pada Q3 2013, pangsa pasar Andromax berada di posisi kedua setelah Samsung dan lebih tinggi dibanding BlackBerry. Guna mempertahankan posisinya, Smartfren menggandeng Pixcom untuk menghadirkan ponsel berbasis sistem operasi Android yang diberi nama Pixcom Andromixx.
 
Menyasar pengguna kelas menengah, Pixcom Andromixx mengedepankan desain bodi yang terlihat kokoh dengan dimensi yang berukuran 140 mm x 68,6 mm x 11,2 mm. Smartfren juga membenamkan layar IPS kapasitif 16 juta warna berteknologi One Glass Solution (OGS) berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1.280 x 720 piksel ke dalam smartphone tersebut.
 
Teknologi OGS menawarkan layar sentuhan hingga lima jari dengan panel yang lebih tipis, ringan dan hemat energi. Dapur pacu ponsel ini telah disokong prosesor quad core yang memiliki kecepatan 1,2GHz, RAM 1 GB, dan penyimpanan internal sebesar 4 GB.
 
Lalu, bagaimana dengan performa serta fitur-fitur Pixcom Andromixx lainnya? Berikut sajikan ulasan ponsel yang ditawarkan dengan harga Rp2.499.000.
 
Desain
 
Jika dilihat sekilas, wujud Pixcom Andromixx mirip dengan Oppo Find 5. Berbentuk candybar, ponsel ini nyaman ketika digenggam dan dioperasikan menggunakan satu tangan. Di bagian depan,ia memiliki kamera berukuran 2 MP serta speaker untuk percakapan saat menelepon.
 
Tepat di bagian bawah layar, Anda bisa menemukan tiga buah tombol kendali sentuh yang terdiri-dari tombol Home di tengah yang ditandai dengan simbol lingkaran serta tombol Menu di sebelah kiri dan Back di sebelah kanan yang ditandai dengan simbol titik. Tak seperti kebanyakan ponsel Android lainnya, saat pertama kali menggunakan Andromixx, akan sulit untuk membedakan antara tombol Menu dan Back karena simbolnya sama.
 
 
 
Foto: Taufan Yusuf Nugroho/CFVD
 
Pada sisi kiri Pixcom Andromixx, Anda bisa menemukan tombol Volume dan di sisi kanan ada tombol Power. Menariknya, di dekat tombol Power, Anda bisa menemukan satu tombol tambahan yang berfungsi untuk memotret tampilan layar (screenshot). Dengan begitu, Anda bisa menangkap layar yang diinginkan dengan lebih cepat. Namun, Anda pun masih bisa menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume (-) untuk mendaptkan fungsi yang serupa.
 
Pada bagian atas, Smartfren telah menyematkan dua buah colokan, yaitu Micro USB untuk pengisian daya dan transfer data serta jack audio 3,5mm. Sedangkan di bagian bawah, Anda bisa menemukan lubang kecil yang berfungsi sebagai microphone.
 
 
 
 
Beralih ke sisi belakang, Pixcom Andromixx dibalut dengan material plastik tipis. Untuk melepaskan tutup tersebut, Anda perlu berhati-hati agar seluruh pengait yang ada tidak patah. Masih di sisi belakang, Smartfren telah menempatkan kamera beresolusi 8 MP yang ditunjang dengan satu buah lampu LED flash dan di bagian bawahnya ada loadspeaker untuk mendengarkan alunan musik atau video.
 
Jika Anda melepas tutup bagian belakang, Anda bisa menemukan dua buah slot Sim Card (dual on) yang terdiri dari CDMA 2000 1x EVDO REV. A 800 MHZ untuk slot pertama dan GSM 900/1800 MHz untuk slot kedua. Oleh karena itu, dalam paket penjualannya, smartphone ini telah menyertakan kartu perdana Smartfren yang bisa dimanfaatkan untuk akses layanan data alias penggunaan internet.
 
 
Selain dua buah slot Sim Card, Anda juga bisa menambah kapasitas penyimpanan data dengan menempatkan microSD Card ke dalam colokan yang telah disediakan. Melalui colokan tersebut, Anda bisa ekspansi kapasitas penyimpanan datanya hingga 32 GB. Dengan begitu, Anda pun dapat leluasa menempatkan beragam berkas atau memasang banyak aplikasi.
 
Antarmuka dan Aplikasi
 
Smartfren membekali Pixcom Andromixx dengan sistem operasi Android Jelly Bean 4.1.2. Untuk mengakomodasi perpindahan antar menu, ia mengandalkan tiga buah tombol kapasitif yang berada di bawah layar, yaitu tombol Menu, Home, dan Back.
 
Seperti kebanyakan ponsel Android lainnya, pada kondisi layar terkunci, Anda bisa mengaktifkan layar Pixcom Andromixx ini dengan menggeser simbol kunci ke arah kanan untuk masuk ke dalam layar beranda. Masih dalam kondisi layar terkunci, Anda juga bisa langsung mengakses aplikasi kamera atau layanan Google Now dengan menggeser simbol kunci ke arah kiri atau atas.
 
 
 
 
 
Sedikitnya, ada lima layar beranda atau Home Screen yang disediakan ponsel ini untuk menempatkan beragam aplikasi yang ingin Anda gunakan. Selain itu, di bagian bawah dari Home Screen, terdapat lima ikon yang memiliki fungsi untuk menelepon, mengirim atau membaca pesan SMS yang masuk, masuk ke dalam layar apps atau widgets drawer, mengakses aplikasi kamera, serta mengakses beberapa layanan Google.
 
Sesuai dengan kemampuan Android Jelly Bean, Anda juga bisa mengakses Quick Setting yang terdapat di bagian notifikasi di atas layar. Smartfren telah melengkapi Quick Setting tersebut dengan beberapa opsi, seperti pengaturan WiFi, kecerahan layar, rotasi, hotspot, sinkronisasi data, dan sebagainya.
 
 
 
Masuk ke dalam layar apps drawer, Anda akan menemukan beragam aplikasi yang telah dipersiapkan Pixcomm Andromixx. Dalam layar ini, Smratfren menyusun seluruh aplikasi yang ada dalam komposisi 4 x 5 ikon.
 
Anda juga bisa mengatur seluruh aplikasi dalam apps drawer berdasarkan alphabet atau favorit. Untuk itu, Anda bisa mengakses tombol Menu lalu pilih opsi Sort, selanjutnya akan muncul pop-up window yang meminta Anda untuk menentukan pilihan yang diinginkan.
 
Untuk memutar musik atau video, Pixcom Andromixx telah dilengkapi dengan aplikasi bawaan Android, yaitu aplikasi Music dan video. Saat CHIP coba memutar sebuah lagu, suara yang dihasilkan dari speaker bagian belakang kurang optimal. Begitu pula saat CHIP mendengarkannya lewat earphone yang tersedia dalam paket penjualannya. Aplikasi hiburan lainnya yang disediakan oleh Smartfren ke dalam smartphone ini adalah aplikasi Radio dan game Candy Crush Saga.
 
Kamera
 
Untuk urusan fotografi, ponsel ini telah dilengkapi dengan kamera utama sebesar 8 MP yang ditunjang dengan fitur autofocus. Dalam aplikasi kamera bawaannya, tersedia pula enam efek warna, tujuh scene mode, dan fitur HDR. Kamera bagian depan memiliki resolusi 2 MP.
 
Hasil bidikan kamera Pixcom Andromixx ini memang tak istimewa dan tergolong biasa saja. Saat digunakan untuk memotret sebuah objek di dalam ruangan gelap atau minim cahaya, foto yang dihasilkan terbilang mengecewakan. Namun, karena dilengkapi lampu LED flash, Anda dapat memanfaatkannya untuk membantu menerangi objek yang akan difoto.
 
 
 
Kekurangan lainnya, meski telah dilengkapi dengan penyimpanan internal sebesar 4 GB, Anda tidak dapat memotret atau merekam video jika tidak memasukkan storage tambahan ke dalam colokan microSD. Jika Anda telah menambahkannya, microSD tersebut akan menjadi tempat penyimpanan utama seluru foto atau hasil rekaman yang Anda bidik.
 
Hasil pemotretan menggunakan Pixcom Andromixx
 
 
 
 
 
Baterai
 
Selama CHIP melakukan pengujian dalam sepekan, Pixcom Andromixx memiliki kinerja yang optimal dan tak pernah menimbulkan masalah, meski CHIP menempatkan dua Sim Card sekaligus ke dalam ponsel ini. Dapur pacunya ditunjang dengan prosesor quad core 1,2GHz dan RAM sebesar 1 GB telah lebih dari cukup untuk mengoperasikan Android 4.1 Jelly Bean serta sejumlah aplikasi bawaannya.
 
Sayangnya, saat CHIP menjalankan sejumlah aplikasi, seperti game, kamera, browser, atau aplikasi lainnya, cepat timbul rasa panas di bagian belakang, terutama di sekitar kamera. Ini sebenarnya ciri khas kebanyakan ponsel Android, termasuk Galaxy Nexus dan Lenovo K900. Namun, panas yang dihasilkan tak mengganggu kelancaran aplikasi yang sedang dijalankan.
 
Berbeda dengan kebanyakan ponsel Android yang melengkapi dirinya dengan baterai berkapasitas minim, Pixcom Andromixx telah menyematkan rechargeable polymer battery dengan kapasitas 3.000mAh. Dengan demikian, ia mampu bertahan dalam kondisi siaga hingga 20 jam.
 
CHIP mencoba memakai ponsel ini untuk berselancar di internet lewat layanan data Smartfren atau WiFi dan sesekali melakukan percakapan telepon. Hasilnya, Pixcom Andromixx mampu bertahan hingga 8 jam dalam sekali pengisian. Tentunya ini bukan hasil yang buruk.
 

Sumber : Chip

Analisis

Mengusung bodi candybar dengan balutan warna hitam, Pixcom Andromixx terlihat kokoh dan nyaman saat digenggam. Dukungan layar 5 inci dengan teknologi IPS dapat mengendalikan semua aplikasi bawaan Android lewat satu tangan. Sayangnya, ponsel yang ditenagai dengan prosesor quad core 1,2GHz ini masih menimbulkan panas di bagian belakang, tepatnya di sekitar kamera.
 
Selain itu, dukungan kamera utama dengan resolusi 8 MP masih belum bisa menghasilkan foto yang memuaskan. Keuntungannya, aplikasi kamera ponsel ini masih dapat Anda atur untuk menyesuaikan efek warna yang diinginkan, memilih scene mode, dan fitur HDR.
 
Berbeda dengan ponsel Android kebanyakan, Pixcom Andromixx secara khusus menyajikan satu tombol untuk memudahkan penggunanya melakukan pengambilan gambar di layar. Walaupun telah memiliki memori intenal sebesar 4 GB, Anda harus memasukkan memori eksternal tambahan sebagai wadah untuk menyimpan seluruh hasil foto maupun video.