Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan dengan menggunakan sarana transportasi taksi, Anda akan membutuhkan aplikasi yang satu ini. Aplikasi Grabtaxi yang baru saja masuk di Indonesia, khususnya daerah Jakarta ini baru memasuki versi Beta. Namun, aplikasi pemesan taksi ini sudah diluncurkan di Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam sejak tahun 2012.
Setelah Anda berhasil meng-install dan membuka aplikasi, GrabTaxi secara otomatis mendeteksi lokasi Anda menggunakan built-in GPS (Global Positioning System) pada smartphone dan menunjukkan jumlah taksi yang tersedia dalam radius tertentu. Lalu, Anda akan diminta memasukkan tujuan yang dikehendaki dan permintaan Anda akan dikirimkan ke pengemudi taksi dalam radius tersebut.
Oh ya, jika belum melum mendaftar, pada langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk melengkapi data-data yang perlu dilengkapi, yakni nama, e-mail, dan nomor ponsel Anda. Kemudian, Anda akan menerima pesan SMS yang berisikan nomer Taxi Activation Code (TAC). Anda akan diminta untuk memasukkan kode aktivasi yang dikirimkan melalui SMS.
Selanjutnya, aplikasi ini akan menampilkan jarak tempuh dan estimasi biaya taxi berdasarkan tujuan yang telah Anda masukkan. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi pemesanan taksi Anda dengan mengklik “Confirm Booking”.
Kemudian, dalam beberapa menit, Anda akan menerima konfirmasi pemesanan bersamaan dengan informasi detail pengemudi, nama, nomer ponsel, nomor taksi, foto pengemudi, dan perkiraan waktu kedatangan. Namun sayang, pada saat CHIP menguji aplikasi ini, taksii tersebut sedang tak dapat melayani pemesanan. Anehnya, sekitar 10 menit kemudian, CHIP mendapat panggilan dari Customer Service GarbTaxi yang membantu kami untuk melayani pesanan taksi.
Jika aplikasi ini berjalan dengan lancar dan pengemudi dapat melayani pesanan taksi, Anda dapat melacak lokasi taksi yang dipesan secara real-time ke lokasi Anda.
Nah, setelah Anda berhasil mendapatkan taxi dan melakukan perjalanan, Anda dapat mengirimkan pesan melalui e-mail atau berbagi tautan melalui Facebook dan Twitter ke teman sehingga mereka dapat melacak perjalanan taksi secara real time. Cukup menarik, bukan?

Sumber : Chip

Analisis

Kelebihan:
– Dapat mengetahui informasi detail tentang pengemudi maupun lokasi taksi

Kekurangan:
– Tidak tersedia pilihan untuk membatalkan pesanan

Highlights:
Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan dengan menggunakan sarana transportasi taksi, Anda akan membutuhkan aplikasi yang satu ini. Aplikasi Grabtaxi yang baru saja masuk di Indonesia, khususnya daerah Jakarta ini baru memasuki versi Beta. Yang menarik, aplikasi ini dapat memberikan informasi detil mengenai pengemudi dan lokasi taksi secara real time.