Para game PC pastinya sudah sangat kenal dengan Dragon Age. Ini adalah game fantasi RPG garapan studio Bioware yang saat ini berada di bawah payung Electronic Arts. CHIP juga pernah memainkan dan menamatkannya, dan harus diakui bahwa game ini sempurna dari segi tampilan visual, cerita, dan gameplaynya. Dragon Age pasti menjadi game yang wajib dimainkan oleh para pecinta RPG. Kali ini, pihak penerbit mengembangkan spin-off dari game ini yang hanya tersedia untuk platform mobile. Heroes of Dragon Age adalah game mobile berikutnya yang akan CHIP ulas.

Tidak seperti Dragon Age pada platform PC, Heroes of Dragon Age bukanlah game role-playing. Lebih tepatnya, game ini menawarkan mekanisme permainan yang menonjol pada sistem pertarungan bergiliran (turn-based strategy). Seperti arsip, game ini membawa kita ke dalam kisah dan peristiwa yang terjadi dalam dunia fantasi Ferelden, baik saat pertama kali organisasi pembasmi iblis Grey Warden diciptakan, sampai kisah para tokoh penting yang muncul di Dragon Age: Origins.

Pemain tidak akan mengendalikan sebuah karakter, kemudian menggerakkannya berkeliling kota. Keterbatasan sistem kontrol pada platform mobile mungkin bisa menjadi salah satu alasan yang tepat. Konsep turn-based strategy yang tertanam mengajak pemainnya untuk tidak bertindak sendirian. Untuk menghadapi musuh, pemain harus menyiapkan anggota party yang terdiri dari berbagai ras, terlepas dari apakah ia musuh atau bukan. Alasannya sederhana, Archdemon sebagai musuh utama mengancam kelangsungan hidup semua ras.

Mekanisme pertarungan lebih mirip dengan bidak catur. Anggota party akan dibagi berdasarkan ras, job, dan kelas. Kelas setiap karakter ditandai dengan warna emas, perak, dan perunggu yang terletak di bawah karakter. Pemain tidak akan dipusingkan untuk mengatur karakter mana yang menyerang siapa, sistem pertarungan akan berjalan secara otomatis, sehingga pemain hanya perlu menunggu hasil akhirnya.

Selain menjalankan misi singleplayer, pemain juga bisa bertarung pada mode multiplayer. Ini adalah fitur yang cocok untuk mengukur kekuatan party Anda sebelum menjalankan misi-misi berikutnya. Tidak hanya sekadar bertarung, pada mode multiplayer anggota party juga mendapatkan experience point yang diperlukan untuk meningkatkan level. Oleh karena itu, koneksi internet permanen sangat diperlukan.

Walaupun tidak wah seperti pada versi PCnya, Heroes of Dragon Age tetap menjadi spin-off game mobile dengan konsep permainan yang matang dan layak dicoba untuk para penggemar franchise ini.


  

Developer: EA Mobile

Ukuran: 17 MB

Update Terakhir: 29 April 2014

Jenis: Strategy

Batas Umur: Remaja

Situs Resmi: http://www.heroesofdragonage.com/

Sumber : Chip

 

Analisis

Kelebihan:

+ Gameplay berkualitas, cocok dengan platformnya

+ Narasi yang sangat kuat

Highlights:
Walaupun tidak wah seperti pada versi PCnya, Heroes of Dragon Age tetap menjadi spin-off game mobile dengan konsep permainan yang matang dan layak dicoba untuk para penggemar franchise ini.