ilustrasi-orang-dialog-komunikasi

Bicara mengenai Induktif dan Deduktif itu merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan penalaran tiap orang. Penalaran merupakan suatu proses berfikir yang membuahkan pengetahuan. Agar pengetahuan yang dihasilakan penalaran itu mempunyai dasar kebenaran maka proses berfikir itu harus dilakukan suatu cara tertentu. Suatu penarikan kesimpulan yang dianggap sahih (valid) kalau proses penarikan kesimpulan tersebut dilakukan menurut cara tertentu tersebut. Cara penarikan kesimpulan ini disebut logika, dimana logika secara luas dapat didefinisikan sebagai “pengkajian untuk berfikir secara sahih”.

Terdapat bermacam-macam cara penarikan kesimpulan namun untuk sesuai dengan tujuan studi yang memusatkan diri kepada penalaran ilmiah, kita akan melakukan penelaahaan yang sakasama hanya tergadap dua jenis cara penarikan kesimpulan, yakni logika induktif dan logika deduktif. Logika induktif erat hubungannya dengan dengan penarikan kesimpulan dari kasus-kasus individual nyata menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Sedangkan di pihak lain, kita mempunyai logika deduktif, yang membantu kita dalam menarik kesimpulan dari hal yang bersifat umum menjadi kasus yang bersifat individual ( khusus ).

  1. Kalimat Deduktif Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragaraf dan dilengkapi dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya. Paragraf ini diawali dengan pernyataan umum dan disusul dengan penjelasan umum. Istilah deduktif berarti bersifat deduksi. Kata deduksi yang berasal dari bahasa Latin: deducere, deduxi, deductum berarti ‘menuntun ke bawah; menurunkan’; deductio berarti ‘penuntunan; pengantaran’.Contoh kalimat deduktif :Manchester United adalah salah satu klub terbesar di Eropa dan juga  di Dunia. Itu dapar dilihat dari sejarah klub yang sangat luar biasa. Dengan mempunyai berbagai pemain bintang yang jago dalam bermain sepakbola dari setiap masa. Klub ini sudah menjuarai berbagai banyak kejuaraan diajang domestik seperti, 20 kali juara Liga Utama Inggris, 2 kali juara Divisi Liga Satu Inggris, 11 kali juara FA Cup, 4 kali Juara Piala Liga, dan 20 kali juara Community Shield. Dan diajang internasional berhasil menjuarai ajang Liga Champions sebanyak 3 kali, 1 kali juara Piala Winners, 1 kali juara Piala Super Eropa, 1 kali juara Piala Interkontinental, dan 1 kali juara Piala Dunia antar Klub.
  2.  Kalimat Induktif Paragraf induktif adalah adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khususstilah induktif berarti bersifat induksi. Kata induksi yang berasal dari bahasa Latin: ducere, duxi, ductum berarti ‘membawa ke; mengantarkan’; inducere, induxi, inductum berarti ‘membawa ke; memasukkan ke dalam’.Contoh kalimat InduktifSetiap hari kereta selalu melewati stasiun tersebut. Bukan hanya Commuter Line saja yang melewati, tetapi kereta antar kota antar provinsi juga berhenti di stasiun tersebut untuk dijadikan sebagai pemberhentian terakhir. Nama stasiun tersebut sangat familiar untuk didengar, khususnya bagi penumpang kereta yang akan berpergian jarak jauh. Stasiun tersebut terletak di daerah Jakarta Pusat dan salah stasiun terbesar di Indonesia. Ciri khas dari stasiun ini adalah berada jalur rel berada diatas jembatan dan mempunyai warna tembok yang cukup unik diberbagai sudut stasiun tersebut. Dan nama stasiun tersebut adalah Stasiun Gambir.

 

sumber :

http://ikemurwanti.blogspot.com/2013/01/paragraf-induktif-dan-deduktif.html

William S. Sahakian dan Mabel Lewis Sahakian, Realism of Philosoph (Chambridge, Mass, : Schenkman, 1965), hlm. 3.